Senin, 13 Februari 2012

Love-Comp (part 3_last)


Okay,, part terakhir dari cerita panjang gue d Love-comp…

                Hari itu jam  8 pagi gue dan kawan-kawan gue udah berangkat lagi ke Unila buat ngelanjutin lomba… gue kira dah telat karena ko’Hery (makhluk ajaib) bilang lombanya di lanjutin jam 8… tapi ternyata sesampainya di sana masih sepi… bahkan tukang Koran aja belum ada… yang ada disana Cuma sekelompok kucing yang lagi lomba gali tanah (baca : lomba boker)….


                Jam 9,,, baru perlombaan di lanjutkan… ngaret.. setiap lomba dan setiap event pasti aja ada acara “NGARET nya… seolah-olah itu udah wajib banget ada di Indonesia.. kalo On Time itu rasanya gimana gitu.. kaya gak jadi penduduk Indonesia yang baik dan benar kalo Ontime… Ngaret = wajib…. Gak heran deh kalo Jepang lebih maju dari Indonesia soal disiplin… 



                Lawan pertama gue hari ini adalah SMA Pajajaran… gue gak tau kalo di dunia ini ada SMA dengan nama itu… gue gak tau letaknya SMA itu dimana… dan gue gak tau siapa nama bapaknya Raditya Dika yang suka banget sama Kolor…. Yang gue tau adalah”Gue Ganteng” walaupun sampe saat ini hanya 1500 orang lebih yang mengakuinya… tapi itu udah lebih dari cukup.. dari pada gak sama sekali….

                SMA pajajaran kami kalahkan dengan sedikit kerja keras… gak hebat-hebat amat sih,, tapi tetep harus waspada…. Terutama karena mereka cewek… kalo aja Iman gue gak kuat dan gue gak inget sama yang di rumah (kucing pelampiasan),,, pasti saat itu gue kalah…. Tai untung Iman gue cukup kuat untk menampung semua penderitaan itu… dan akhirnya gue menang… mungkin kali ini gue menang karena para cewek ini “MABOK” saat minum “Susu Rasa Stawberry” …..

                                     +

                                    =



                Di 8 besar,, babak yang menentukan nasip gue… lanjut atau pulang sekarang… lawan gue berat,,, paling gak jauh lebih berat bobot badannya dari pada gue… bisa dibilang gue dan A-seng pasangan Scrabble paling kecil… kasih benang terus ada angin sedikit aja,, dah bisa dijadiin layangan… kalo udah terbang tinggi terus ada layangan lain tinggal ajak aduan aja ,, atau bahasa kerenya waktu jaman Anglindarma “Sebotan”… kalo udah mau sebotan tinggal tarik-ulur-tarik-ulur-dan-Betot…. Gak tau deh bahasa dari mana anak-anak jaman dulu (termasuk gue) bisa sampe kenal dengan istilah Sebotan dan Betot… hal yang cukup tabu… tapi mencurigakan dan bikin penasaran siapa penemunya….

                Lawan gue di 8 besar adalah SMA Kota Gajah (Lagi)… lawan yang sama saat gue lawan di Pelims.. ya mungkin ini adalah saatnya gue untuk balas dendam ke mereka karena saat Prelims mereka udah ngalahin gue… tapi gue tau dendam itu gak boleh… jadinya gue hanya bermain seperti biasa… Have a fun aja…. Tapi alhasil gue menang lagi… kalo saat Prelims gue Cuma kalah margins 41,,sekarang gue menang 190++ … atau tepatnya 4,87 kali lipat… wow… gue gak ngira bisa menang dan balas dendam ke mereka yang udah berhasil ngalahin gue,,, tapi menurut gue ini layak… mungkin di Prelims adalah saat “yang berat yang menang” …. Tapi sekarang “yang ganteng yang menang”….

                Di 4 besar gue dah berambisi untuk menang lagi dan lagi… gue pingin banget dapet juara di competition kali ini… tapi perjuangan makin berat kawan.. gue harus ngelawan “MASTER SANY” … gue awalnya pesimis saat akan mau melawan dia.. ya jelas aja,, dia udah level Nasional… lah gue masih level RT…. Istilahnya bagaikan Bumi Vs Matahari…. Apa lagi saat itu gue make Kolor… jadi makin grogi gue….

                Sebelum gue lawan Sany,, gue pemanasan dulu lawan “Master Homo Of Scrabble In Lampung” tidak lain dan tidak bukan,,makhluk Homo ini lagi-lagi adalah Fanky…. Di dating lagi ke sini Cuma gara-gara ada L.O cewek bodoh,,gak nyambung,,tapi cantik… ia,, si Homo satu ini naksir sama L.O Cherrybell (cantik tapi bodoh) ini….. gue gak abis pikir aja,, gimana nasip sang cewek malang ini kalo sampe jadian sama Fanky… bukan,, bukan karena Fanky memiliki wajah Tampan (baca : muka Homo) tapi karena lebih ke kelainan yang vital dan mendalam (baca : Homo)…. Apakah cewek ini hanya akan dijadikan alibi oleh Fanky untuk menutupi ke Homo-annya…? Atau mungkin cewek ini adalah seorang Homo yang berpura-pura sebagai Cewek…? Atau mungkin otak gue dimakanin ayam…? #entahlah..hanya Tuhan yang tau…..

                Pemanasan lawan kak Fanky itu ribet banget… baru mulai aja dia udah sukses membuat gue binggung dengan kata-kata aneh yang dia keluarkan…bahkan dia sampe Bingo 2 kali… gue udah hampir pasrah,,, tapi motto ue “Scrabble Player gak ada yang takut kalah” ,,, gue langsung semangat lagi… dan akhirnya gue berhasil menipu dia dengan Bingo gue yang gak ada di kamus bahasa planet manapun… dan akhirnya gue membalikan kedudukan …

                Pemanasan ini terasa sangat panas… selain karena udaranya lagi panas,,, juga karena A-seng asik ngegosipin gue yang lagi main Scrabble sama kak Fanky… suasana makin panas saat gue ngeliat A-seng jalan berdua sama Sany… dan makin panas lagi ketika ada ibu-ibu masak air sampe gosong di samping gue… tapi hal positif nya dari semua ini adalah,, gue tau tips dan trick melawan seseorang yang lebih berpengalaman dari kita… tips nya adalah “Have a Fun and Stay Cool…” …. Dan akhirnya dengan trick da tips dari diri gue sendiri,, gue menang lawan Master Homo Fanky…
#NP : Begadang – Rhoma Irama#loch…?

                Saat-saat menegangkan pun terjadi,,, tiba saat gue melawan Sany… gue dah deg-deg-an…. Bulu kaki gue sampe kribo gara-gara syndrome deg-deg-an ini… tapi gue berusaha “Have a Fun and Stay Cool” …. Gue tetep Optimis,, apapun yang terjadi gue yakin hari ini bakalan bawa pulang piala… tah itu juara 1,,, ataupun 2… bahkan kalo kali ini kalah gue masih bisa berkesempatan dapetin juara 3… tapi ,, gue harus tetep berusaha dan “Menang”… 

                Gak tau kemasukan setan dari jamban mana,, A-seng mainnya beringas banget.. yah walau dia main selalu bikin bulu pantat gue goyang patah-patah,,, karena setiap Turn dia jalannya laaama banget… 1 turn dikasih waktu satu menit,,, dia selalu belum masang kalo L.O nya belum bilang “30 second leave”…. Dia bener-bener tetep “Have a Fun and Stay Cool” walau L.O nya dah bilang “30 second Leave”…. Tapi gue disini sebagai Patnernya merasa bener-bener gelisah… ya gimana gak gelisah,, kalo sampe 1 menit belum jalan kita di anggap Pass dan Turn berharga kita bakalan terbuang sia-sia….

                Tapi untung A-seng sesosok makhluk dari Cina yang terdampar ke Lampung dengan selamat adalah orang yang bener-bener “Have a Fun and Stay Cool”… gak ada turn yang terbuang sia-sia,,,, bahkan dia selalu memanfaatkan Turn nya dengan baik dan pasti… sampe akhirnya dia Bingo “OTARINE” dan membuat kami unggul dari Sany… ngeliat kesaktian tiba-tiba dari A-seng,,, gue pun membuat trobosan baru untuk tetap menjaga score…. Gue pun ikutan main “Have a Fun and Stay Cool” kaya A-seng… and,, we do it… gue dan A-seng menang… gue berhasil mengimbangi Tanjung dan A-seng berhasil melampaui nilainya Sany… thanks God…..




                Babak Final menanti……… di Final gue bertemu dengan Ginanjar dan Destio…. Sebelumnya A-seng dan Destio berdo’a supaya di perlombaan kali ini bisa berhadapan…. Sany juga gitu,, dia berdo’a semoga kali ini bertemu dengan SMA Xaverius…. Dan gue juga ikutan berdo’a supaya tetep “Cool”… gue berdo’a semoga Nikita Willy mau jadi pacar gue dan selalu neraktir gue kemanapun…. #mukakere

  
                Do’a A-seng dan Destio terkabulkan… mereka saling bertemu di final… dan do’a Sany juga terkabul,, dia bertemu SMA Xaverius di perebutan juara 3…. Tapi do’a gue sirna… Nikita Willy lebih suka sama gigi somplak,,brewok gagal,, dan rambut sapu ijuknya Diego Michiels… #guling-gulingditanah….

 
                Di Final,, gue main dengan Santai.. bener-bener Santai… bisa dibilang gue main dengan setengah hati dan agak gak serius… yah mungkin karena gue terlalu bodoh kali ya,,, gue terlalu cepat puas dengan gelar “juara 2” yang otomatis gue dapetin walau gue kalah kali ini… saat itu gue terlalu santai,, di otak gue hanya ada kata “dah..juara 2 juga cukup”….. tapi sekarang gue baru sadar,,, kata-kata itu hanyalah sekumpulan kata-kata untuk para pecundang kelas kakap kaya gue…. Danakhirnya gue kalah dengan Margins 3….. sedih banget kalah Cuma dengan margin setipis itu…. 

                Team Debate Dzhame,, bigpapa dan Karatai juga berhasil masuk Semi Final…. Di Semi Final mereka ngelawan SMA Kota Gajah untuk dapetin tiket ke babak Final…. Tapi sial,,, harapan mereka untuk masuk Final kandas… mereka kalah mengenaskan… sedih..? yups..sedih banget…..
                Di babak perebutan juara 3 mereka melawan SMAN9 yang udah terkenal Debate nya…. SMN9 udah terkenal Debate nya… langganan juara dimana-mana…. Sedangkan mereka….? Yah Dzhame,, Bigpapa,, dan Karatai baru kali ini masuk Semi final… suatu Prestasi yang membanggakan ya…. *jleb…

                Ini kaya “Majikan” melawan “Pembantu”…. Dan pada akhirnya,,,  tiba saat pembagian Piala… pemenang juara Debate gak di umumin di Chamber masing-masing… tapi di umumin barengan para juara lain yang bikin orang pengen Guling guling di Lumpur Lapindo kalo tau hasilnya mengecewakan dan “Gak Adil” …. Yah.. emang dah biasa sih ketidak adilan itu ada dimana-mana….. it’s life….




                Jam 5.30 sore,,, gue udah di Aula tempat pengumuman para juara…. Sebelum pengumuman tiba-tiba ada mba-mba sok cantik yang sebenernya gak seberapa muncul di depan panggung dan ngajakin main Game yang berhadiah “PIN Angry Bird”….. 
 
  
                Pertanyaan di Game-game pertama masih Fine,, apa kepanjangan dari Love-comp lah… siapa ketua pelaksananya lah…. Tanggal berapa lah… siapa juara Umumnya tahun lalu lah…. Etc… tapi pertanyaan selanjutnya mulai kaya orang panuan yang menjalar keseluruh tubuh sampe merubah total warna kulit dia yang tadinya Item menjadi Putih Panu…. Pertanyaannya adalah “Siapa Panitia yang paling kamu suka,,kasih alas an secara Truly Crazy  and Logic” ….. dalam hati gue,,, gue mau jawab “Ko hery”…. Gue pengen ngambil tu Mic terus bilang  “ya jelas Ko Hery lah…. Truly + dia ngomong “R” aja gak bisa… Crazy = seorang Mahasiswa Abadi gak bisa ngomong ‘R’….? kalah sama anak TK…. Logic = seseorang yang berusia lebih dari 20tahun gak bisa ngomong ‘R’…? lidahnya keseleo Permanen ya…?” 

                Tapi saying hal itu digagalkan karena udah ada anak SMKN 4 yang duluan maju… dan dia juga ngomong “Ko Hery” tapi saying Ko hery bukan Panitia… dia Ketua Panitia…. Hal yang sangat disayangkan…. Jadi anak itu bilang yang dia suka adalah kakak kelas dia yang udah lulus dan jadi Panitia di sana… sungguh alas an memilih orang yang salah….

                Makin lama acara ini makin gak jelas,,, Quiz-quiz selanjutnya dilanjutkan dengan episode “GOMBAL”…. Mulai bapak kamu tukang maling karena pinter nyuri hati ku lah… bapak kamu ojek paying lah karena selalu melindungi aku… sampe Bapak kamu tukang Beling karena tadi ketusuk beling…. Mulai dari main Scrabble Cuma ada 1 kata ILOVEYOU lah… kursi itu dibeli buat pesta pernikahan kita lah… sampe kamu pernah gak ngerasain tai kucing,, cobain geh enak loch,,, aku kemaren dah nyobain…. #plak



                Dibalik itu semua gue merasa kasihan pada cewek yang jadi korban karena di Gombalin sama Bujang labil… tapi gue lebih kasian lagi sama para bujang itu karena “mereka mau sampe dipermalukan didepan umum gitu hanya karena sebuah PIN”… tapi gue lebih heran lagi kenap semua orang harus ngeGOMBAL dulu...? kenapa gak langsung aja bilang "I LOVE YOU"...? gak effisien banget kali kalo harus ada Gombalan dimana-mana....menyedihkan….

Tiba di ujung acara,,, pengumuman bagi yang menang dan pembagian Piala… sekolah-sekolah lain yang jumlah orang yang mewakili sekolahnya cukup banyak setiap disebutin nama sekolahnya selalu terik “Yeeeeeeeeeeee” dengan suara lantang dank eras banget… apa lagi SMA Kota Gajah,,, mereka paling lantang karena ngirim pasukan 1 bis… bahkan 1/3 dari 1 gedung itu adalaha anak-anak SMA Kota Gajah semua… *dikeroyokmasal*

Beda jauh sama sekolah gue yang Cuma ngirim 5 orang doang (2 Scrabble 3 Debate) mau teriak-teriak sampe urat gue beranak juga percuma…. Jadi waktu nama sekolah gue di panggil buat maju kedepan ngambil piala juara 2 Scrabble kami Cuma bisa ngomong “Krik..krik..krik..krik..krik…” sungguh teragis..dramatis..ironis..miris..dan sadis…

  
Dan terakhir tiba di pengumuman juara Debate… muka Dzhame,, bigpapa,, dan Karatai harap-harap cemas… mereka berharap banget sama kemenangan disini… wajar aja… ini lomba terakhir Karatai karena dia udah harus Fokus ke Ujian-ujian dia yang menanti di kelas 3 ini…

Dan akhirnya merka kalah… juara 3 SMAN9… tampak banget muka kecewa dari mereka… ingin rasanya gue terik didepan panggung itu dan bilang
“kenapa Dzhame…? Loe kalah lagi…? Udah biasa Debate gak adil kaya gini… di Debate kan Adju as the King… beda sama di Scrabble Player Is the King… udahlah loe pindah Divisi aja ke Scrabble… Scrabble kan kesenangan.. loe inget kan loe pernah dapet juara 2 di Scrabble bukan di Debate… lagian kosa kata loe jauh diatas gue… gue ja Stem belum ada yang apal… tapi loe dah apal 5 Stem… loe pasti bisa lebih hebat lagi Scrabble nya…. Dari pad aloe sakit hati terus karena ketidak adilan Debate…?”
  
Tapi niat itu gue urungkan,,, karena gue gak cukup berani untuk bilang itu semua… kalo gue sampe bilang itu mungkin pulang-pulang gue dah babak belur dihajar para Debaters disana… dan alas an terbesar adalah karena Dzhame dan Karatai tiba-tiba dah hilang…. Mungkin mereka dah gak kuat menerima tekanan batin ini…. Kalah dalam situasi yang seharusnya menang… menyedihkan…..

Finally …. Thanks for your attention …. 
It’s all of my story when I was followed
LOVE-Comp at FKIP UNILA Feb 28th -29th  2012…
with thame Love-comp (part 1) - (part 2) and (Part 3)

1 komentar: