Kamis, 25 April 2013

UN 2013 vs Me


Hay guys...
sekarang gue mau curhat tentang UN 2013 tingkat SMK yang gue alami....
okay,,, gue mulai cerita dari persiapan UN gue...
dan di Akhir-akhir postingan ini gue jua menyimpulkan Arti UN,,,Saran,,dan Pendapat gue soal UN...
UN gue hadapi dengan matang...
setiap hari gue belajar...iya belajar...
belajar main Pokemon dan Dota...

Udah bukan hal yang tabu lagi kalo UN di anggap sakral sama beberapa bahkan hampir semua siswa dan guru... gak sedikit yang beranggapan UN itu gak perlu... dan mereka yang beranggapan kaya gitu pasti karena mereka takut dan "PESIMIS".....
Mereka beranggapan UN cuma akan menghalangi mereka untu Lulus....
udah gak Jangal lagi kalo banyak Siswa-siswi yang Pesimis selalu bilang
"UN itu gak penting...apa-apaan masa belajar 3 tahun cuma di tentukan 4 hari UN aja....."
I really Disagree with this statement....



2 bulan sebelum UN sekolah gue ngadain Latihan Ujian Nasional (LUN)....
hasilnya menabjukan....
nilai rata-rata gue 5.93....
B.Indonesia 5.20...
English 6.50
Matematika 6.25...
Teori Kejuruan 5,75....
nilai bahasa Indonesia gue...Menyedihkaan............................... so sad...
gue merasa GAGAL menjadi orang Indonesia..sukses menjadi Foreign...
bahasa sendiri aja gak nyampe 6......
di kelas gue LUN 1 ini cuma 6 orang yang Lulus,,nilai rata-rata temen-temen gue berkisar 5,5-5,7....
tipis-tipis.... lah gue beda sendiri... 5,9 sendiri.... ganteng......... kalo kata Mad Dog sih,, Greget........
dan 1 SMK yang lulus cuma 23%....

1 bulan sebelum UN sekolah gue ngadain lagi LUN 2....
hasilnya kereeeeen.... ada kemajuan....
sekarang gue gak malu lagi nginjakin kaki di Indonesia....
B.Indonesia 6.80....
English 7.80....
Matematika 7.00....
Teori Kejuruan 5.40...
jadi nilai rata-rat gue 6.75.....

gue masih gak puas.... masa iya di Ijasah gue mau dipasang nilai segini...? kan gak Greget.....
peningkatan ini gak cuma di diri gue,,tapi juga hampir se-SMK... persentase kelulusan dari 23% sekarang jadi 44%.... yah... ada kemajuan lah....
di kelas gue juga ningkat,,yang lulus jadi 8 orang... Greget.....

ada temen gue namanya Ariansyah (cipung),, gue udah pernah nyinggung dia juga di postingan gue Sepatu ....
dia ini emang terkenal sebagai Makhluk paling Jenius di kelas... Sangking jeniusnya 54 dikurang 0,5 aja harus mikir 2 hari.... sumpah... kalo di Lulus UN 20 paket bercode,,ini sangat mencurigakan...
Gue Sebel banget sama anak ini... jujur gue dan beberapa kawan gue berharap dia gak lulus...
pas LUN 2 Bahasa Indonesia,,, gue dan kawan-kawan gue yang Normal ngabahas soal....
"eh loe tadi yang ini jawabnya apa.....?" "yang ini "C" kan...." "Catatan kaki itu gini ya...?" dan lain-lain....
asik-asik ngebahas itu semua,, dia dateng dan ngomong
"hahaha (ketawa medok)... gueh yakin jawaban gueh bener semuah....jawabanya itu "A" semuah....makanyah teliti... liat geh di LJK....."

"apa sih...? penting banget loe ini ri.... bego aja bangga...udah..udah gak usah diladenin..." kata gue sadar...
sementara temen-temen gue yang lain cuma terdiam,,,mikir.....
dan akhirnya gue menyadarkan mereka,,,gue jelasin deh apa maksud tolol anak jenius ini....
Di LJK ada contoh cara ngisi jawaban... Dan Contohnya adalah
Ngebuletin Jawaban "A" ......
Semoga para Reader Blog gue gak sebodoh anak ini yak....
Dan Semoga Yang Baca Postingan Gue Ini LULUS UN........
setelah itu gue Ujian praktek dan Ujian Akhir Sekolah....
Ujian praktek gue berjalan dengan "deg-deg-an"....
gue kebagian di hari ke-3,, gue beruntung banget karena Penguji Internal gue Pak Sudarmono....
yang terkenal "okay-okay" aja....temen-temen gue yang cuma salah di lampu Indikator nya di anggep gagal...
3 jam gue ngerangkai Instalasi Penerangan dan Instalasi Tenaga Star-Delta TDR + 3 lampu Indikator...
pertama nyoba,,Gagal.... gue lupa NO nya belum gue pasang.....
percobaan ke-dua masih agak error... lampu indikator Orange trus,,gak mau Move On....
akhirnya gue kebingungan harus ngapain,,apa yang salah..............
waktu tinggal 1 jam lagi,, bermodal nanyak sana-sini akhirnya lampu Indikator mau bekerja,,, tapi malah lampu Orange nya yang gak idup.... INI LAMPU MAUNYA APA......................!!!!
untung penguji Internal gue bapak botak,,jelek,,nan ompong ini... tapi baik hati....
dia gak merhatiin lampu Indikator gue,,, tepatnya gue yang gak nunjukin lampu Orange buat Trip ini.... jadi dimata dia,, Gue LULUS..........
amazing...amazing.....
giliran penguji Externalnya yang nguji rangkaian gue,,, dia teliti banget....
banyak ini itu ini itu kaya Wartawan.... iya sih tau gue artis..... XD
bapak satu ini gak bisa di bohongin.... dan akhirnya ketawan deh lampu indikator gue masih salah.... tapi berhubung nilai gue dah lulus di Pak Sudarmono,,, jadi gue terhitung lulus......
10 detik setelah gue slesai di test dan dinyatakan Lulus..... tiba-tiba.........
Duaaaaaaaaaaaaaarr.................... peeesss..... asep keluar dari Box Panel utama....
Gardu induk sekolah kebakar..... dan di sekolah resmi mati lampu 2 hari.....
chyakakaakkaakakakakakkakaak...... Lucky me.....

Karena jadwal ujian buat kelas 3 padet,, dikit-dikit ujian,,dikit-dikit Latihan Ujian,,dsb....
kalo lagi ujian gini,, anak kelas 1 dan 2 diliburin.... dan mereka kesenengan..... terus ngiri-ngirin kelas 3 sambil bilang "Semangat ya kakak ujiannya... gue lubur loh... asiknya kemana ya....?"
penyemangat macam apa ini................!!!? ini diskriminasi namanya...........!!


setelah ujian praktek,,langsung UAS....
kali ini 3 pelajaran yang di UN-kan (B.Ina,,English dan Math) di buat 20 paket,, Agama 5 paket yang lainya 1 paket,,, Komputer dan Seni budaya soalnya dibuat guru mata pelajaran sendiri....
pura-uranya biar gak kaget pas UN nanti....
gue sih gak masalah mau berapapun paketnya...
UAS ini ada 13 pelajaran,, ujian dari senin sampe senin lagi....
3 pelajaran ini sih gak ada bocoran soalnya... tapi pelajaran yang lain jangan di tanya....
ujiannya besok hari ini udah nyebar (yang katanya) kunci jawabanya....
ntah itu kunci jawaban dari siapa,,, yang jelas tingkat kebenaranya kurang dari 50%....
dan bodohnya terjadi hal kaya gini....
Juan : "dapet ndra Seni Budaya...?"
Hendra : "dapet lah dari kemaren..."
Juan : "dari siapa....? kirimin geh...."
Hendra : "dari SMKN4.... nomer loe yang mana...?"
gue,,juan,,dan kawan-kawan gue yang normal lainya hanya bisa ketawa lepas....
Gue : "SMKN4....? Soal Seni Budaya itu setiap sekolah beda... guru sekolah sini sendiri yang bikin... bisa jawabannya dari SMKN4.... ngaco....."

yah.... beginilah Indonesia....
lebih suka meyakini yang salah walaupun sudah jelas kalo itu salah.... pura-pura Buta....

setelah UAS gue langsung Pemadatan... setiap hari belajar 3 mata pelajaran (B.Ina,,English dan Math)....
Pemadatan ini selama 2 minggu....
guru yang ngajar gue juga beda dengan yang ngajar biasa di kelas....
Pemadatan ini asik sih... karena pulangnya jam 12...
jadi gue punya waktu buat Istirahat (Baca: Main Game,,kalo gak Dota ya Pokemon)....


dari pemadatan ini gue jadi tau tipe-tipe guru kalo ngajar....
ada yang ngajarnya pelan-pelan gak nyambung,,,ada yang nyiapin materi dari rumah terus ngasih ke siswa terus kalo di tanyak materi lain gak ngerti pura-pura lupa dan bilang "besok ibu cari ya..."....
ada juga guru favorite kelas gue,,,guru English.... 30% materi,,30% Moral,,40% ngongek orang dan becanda.... Asik....tapi Nyakit.....
tapi gue suka guru ini,,, apa lagi kalo dia lagi ngongek Ariyansyah karena gak bisa Baca....
kaya gini lulus UN...? What happen with our country.....
ada juga guru yang "Pesimis",,tipe guru ini yang agak gue gak suka...
"Nilai UAS kalian udah di bantu jadi standard,,70... 70 dikali 40% aja udah segini,,,jadi kalian cuma butuh bener 20 soal B.Ina dan English dan 16 soal Math...masa segitu aja gak bisa sih..."
denger kata-kata kaya gini mah,,orang-orang kaya Ariyansyah kesenengan....
yah beginilah orang-orang Indonesia...
Selalu berfikir "Minimal",,, bukannya mengerjakan secara "Maximal".....

 bisa loe bayangin,,2 minggu belajar B.Ina English dan Math terus menerus...?
come on guys.... gue rasa hal kaya gini lah yang ngebikin kita makin tertekan,,makin jenuh....
menurut gue sih,,seharusnya bukan 3 pelajaran itu aja yang di ajarin selama 2 minggu ini...
seharusnya ada 4 pelajaran... B.Indonesia,,,English,,Math dan Game....
Come On.... kita butuh refressing.... game nya juga bukan game Online atau Pokemon yang bikin ketagihan... Game nya yang memerlukan ketelitian dan konsentrasi tinggi... misalnya ONET,,ZUMA,,MADCUPS,,MINESWEEPER,,PINBALL,, atau mentok DOTA....

setelah Pemadatan 2 minggu,,tepatnya 1 minggu sebelum UN,,,gue LUN 3 atau sebutan kerenya TRYOUT..... kali ini gue merasa lebih siap karena bru aja Pemadatan dan otak masih lumayan Fress....
tapi masalahnya adalah,, Tray out kali ini diadain siang hari... jadi bawaanya ngantuk...
kawan gue namanya Ali,, setiap hari pasti tidur pas ngerjain soal...mending kalo tidurnya normal...
lah ini dah duduk di depan gurur,, tidur...
ILER nya dah kaya patrick lagi....
ntah apa yang di kerjakan dia pagi harinya...
kalo gue sih udah jelas,,, Main POKEMON (jangan di tiru)...

Nilai gue lumayan ningkat lagi di TrayOut ini....
B.Ina = 6.80 tetep,,yah lumayan....paling tinggi di kelas... :)
English = 7.60 turun 0.20... padahal gue dah main pokemon loh,,full english sambil denger lagu english,, kok malah turun ya... gue galau...walaupun ini juga nilai tertinggi dikelas gue... :(
Math = 7.75 ningkat jauh.... agak kecewa sih,,padahal 1 soal lagi bisa 8... tapi yah gue cukup bahagia.... nilai tertinggi juga di kelas....
jadi nilai Rata-rata gue Tryout ini 7,38.... nilai tertinggi ke-3 se-Sekolah gue....
It's Make me Very Happy.... Make me more OPTIMISE than before....
 gue selalu cerita ke ibu gue soal nilai-nilai gue.... sebagai laporan kalo anaknya yang ganteng ini walau Hobbynya main game terus tapi bukan berarti bego....
gue : "Bu,,nilai Latihan Ujian ku naik terus...paling tinggi terus di kelas... dan yang terakhir nilai tertinggi ke-3 se-Sekolah..."
Ibu : "Coba ra dolan komputer terus... iso peringkat siji koe..."
You know what I mind......
hal yang berkesan selama TryOut ini adalah Ariansyah di maharin abis-abisan sama Pak A.K Soeparno (bokapnya Dzhame,,guru Math) gara-gara pas tryout bukanya ngerjain soal malah ngerumpi gak diladenin sama kawan se-homoanya.... Bokapnya Dzhame emang agak sarap... sama kaya anaknya....
masa marahin Ariansya kaya gini :
"Kamu ini dari tadi saya perhatiin ribut terus... ganggu yang lain... Tak Tempeleng pora koe.... coba kalo bapak gampar kamu nangis gak...? haaah...? nangis gak....?"

setelah selesai Trayout kawan-kawan gue yang "Pesimis" mengadakan diskusi besar-besaran....
mereka ngebahas dan mencaci maki UN 2013 yang make 20 Paket dan make Barcode....
mereka beranggapan ini merepotkan mereka untuk Lulus (baca: Nyontek).....
dan kira-kiri beginilah hasil diskusi mereka dan di update di Facebook (tulisan kecil Gambar 1) dan mereka dimata gue (tulisan besar Gambar 2).....

dan akhirnya tibalah hari yang di tunggu-tunggu,,, UN tingkat SMA/SMK/MA dimulai Senin 15 April 2013..
Hari pertama Bahasa Indonesia....
Soal UN sama soal LUN 1-2,,tryout dan materi Pemadatan yang gue alami selama ini gak jauh berbeda...
perjuangan 2 bulan terakhir gak sia-sia... gue Optimis bisa lulus UN B.Indonesia....
tapi ada 1 Soal Un Bahasa yang gue sampe saat ini gak ngerti....
soal tentang percakapan Siti Gading dan pengawalnya....  bahasanya aneh... bukan bahasa Indonesia,, mungkin bahasa Indonesia lama atau bahasa Melayu,,, atau jangan-jangan bahasa planet Mars....
Siti Gading itu siapa...? gue gak kenal... tapi selamat Siti Gading,, walau gue gak kenal loe,, tapi sampe saat ini loe ada di oatk gue... Siti gading,,,,dari hati yang paling dalam gue mau bilang..................................
I HATE YOU................................

setelah selesai UN hari pertama ini,, gue dan kawan-kawan gue yang Normal gak langsung pulang,,, kami duduk-duduk dulu dibawah Pohon depan kelas....ngebahas soal-soal yang rumit tadi,,dan cerita-cerita dikit,,ketawa-ketawa dikit,,biar gak stress.... Suddenly..............................
Mbew : "ih...besok bahasa Inggris ya... aduh...gak bisa lagi gue..."  ← Orang PESIMIS ←
Gue : "Minimal kalian bener 23 kan...? Soal Bahasa Inggris Listening 15 soal,, soalnya sama semua setiap paket... besok kalian liat jari gue aja... Ki bantu ya... gue sama Rizki bakalan nyebar jawaban make jari...."
**Note : target mereka "LULUS",,, jadi bener 23 aja udah cukup karena dibantu nilai UAS....

keesokan Harinya................................... GUE TELAT.....................

kawan-kawan gue yang berharap banyak dari gue mulai panik karena Ujian udah dimuali gue masih belum dateng.... gue telat sekitar 10 menit lebih...
begitu gue sampe sekolah didepan gerbang udah ada Satpam dan Guru...
Guru : "kamu ini telat...tau kan hari ini UN..."
Gue : "apa sih...? dah tau gue telat malah dihalang-halangin...."kata gue dalam hati....
Satpam : "cepetan git...ujiannya dah mulai..."
Gue : "iya pak..."
Untung gue kenal deket sama Satpam nya.... jadi gue dibolehin masuk....
kalo sekolah seperti biasa juga gitu,, walau gue udah telat 15 menit,, gerbang gak akan ditutup sebelum gue masuk...ini perlakuan khusus babang Satpam yang baik hati buat gue,,Dzhame,,dan beberapa orang lainya...

setelah nyampe kelas,,gue langsung salim sama pengawasnya...
untung pengawasnya gak Pance dan Kepo... gak mempersulit.... jadi gue langsung duduk....
kawan-kawan gue matanya langsung berbinar-binar,,, dan bilang "akhirnya dateng juga"....
mungkin dimata mereka gue adalah selembar jawaban Listening yang berjalan....
gue langsung sibuk ngisi identitas gue di lembar LJK,,, baru selesai nulis nama,, belum nulis Nomer,,tanggal lahir,,dan segala macamnya,,, tiba-tiba terdengar suara Horor...
"Listening Saction...."
LJK langsung gue tinggalin,,gue buka soal Listening....
"Number One...........Answer Number one and mark in your answer sheet....."
jari gue letakin di atas kepala,, gue dah kaya Kepiting,,, atau sekarang tenarnya kaya Kugy Radar Neptunus di novel Perahu Kertas....
"it's the end of Listening Section............"
listening selesai,, LJK gue masih kosong plong....cuma ada nama gue....
sedangkan temen-temen gue yang lain udah ngisi sampe nomer 15... gue berkorban buat mereka...
tiba-tiba terdengar suara yang lebih Horor lagi..... suara pak Purba,, Waka bidang Kurikulum sekolah gue...
"perhatian...untuk semua peserta Ujian Nasional,,diharapkan besok dan seterusnya datang lebih pagi..kita masuk jam 7 tepat.. untuk menghindari telat.... sekian dari saya dan terimakasih..."
*Kampreeeeeeeeeet..... nyindir gueeeeeeeee...............
saat gue disindir gini,,kawan-kawan gue cuek,,dan malah ngomong "hahaha..telat..." make logat Swuid lagi...

waktu masih 45 menit lagi gue udah kelar.....
temen-temen gue sibuk manggilin gue nanyak soal,,minta jawaban,,dan malah ada yang ngasih soal nya ke gue nyuruh ngisiin Error Recognizer nya.... sementara Rizky,,, sibuk ijin ke toilet buat ngasih jawaban ke Denny.... kawan sekelas kami yang beda ruangan....

Gue dah berkorban buat kawan-kawan gue biar mereka bisa lulus.... gue udah ngebantu mereka sebisa gue.... tapi apa balesan mereka....? bahkan ucapan "Terimakasih" aja kagak....
dirumah gue merenung.... Yang gue lakuin ini salah apa bener...?
Salah gak sih gue bantu kawan-kawan gue biar Lulus...? sesuai harapan mereka,,harapan orang tua mereka,,harapan guru-guru,,dan lain-lain....
tapi gue juga sadar,, yang gue lakuin ini salah... seharusnya gue gak boleh bantu mereka,,ini curang namanya..
tapi mau gimana lagi... Kondisi lah yang menuntut untuk ini semua....
gue binggung,, Gak dibantu Kawan.... Dibantu gak tau terimakasih....

Hari ke tiga,,Ujian Math....
belajar dari pengalaman,, gue rencanya gak mau bantuin kawan-kawan gue yang gak tau terimakasih....
tapi naas.... gue terlalu Baik... setengah jam terakhir gue gunakan untuk menjawab pertanyaan dari kawan-kawan gue.... mau gak mau gue harus bantu mereka... Siapa yang salah.....?
gak ada yang salah... Kondisi lah yang memaksa semua ini terjadi....

Saat ini BOOMING kisah-kisah sekolah yang beli kunci jawaban UN bahkan beli Soal UN....
kalo di ibaratkan,, kawan-kawan yang nanyak jawaban ke gue itu kaya Pencuri....
sedangkan orang-orang yang Jual-Beli Soal dan jawaban UN itu kaya KORUPTOR....

ada beberapa sekolah yang masuk Tipi karena jual-beli Soal Un.... Kereeeeeeeeeeeeeeeen... *_*
salah satunya di Lampung.... tepatnya di Bandar Lampung.... lebih tepatnya lagi di SMA Negeri di Sukarame,,, sekitar 2 KM dari rumah gue....
Padahal sekolah ini sekolah terfavorite di Bandar Lampung.... ntah data tahun 2012 atau 2011 gue lupa,, hampir 50% siswa SMP se-Bandar Lampung yang Lulus daftar ke sekolah ini....
berarti kan sekolah ini Rame Peminat banget.... otomatis isinya anak-anak Pinter karena harus ngalahin ribuan anak untuk bisa masuk kesekolah ini....

tapi balik lagi ke Siswa-siswi nya...
mereka tertangkap Video amatir nunggu di sebuah rumah deket sekolah buat dapetin Bocoran Soal UN 2013... setiap anak dikenakan biaya Rp. 30.000/mata pelajaran....
itung aja,, misal ada 350 siswa kelas 3 di sekolah ini,, dikali 4 mata pelajaran di kali Rp. 30.000....
udah berapa coba...? 2 Milliar..nyampe gak....? total 42.000.000 ya...? yah lumayan lah ya.....

banyak kekurangan yang terjadi di UN 2013 ini,, contohnya yang selalu masuk tipi dan jadi salah satu Hotnews.... Distribusi soal UN ke 11 provinsi gak sesuai rencana dan kertas LJK kualitasnya rendah....
semua pihak nge-Judge pemerintah yang salah....
ya emang sih pemerintah yang salah,,,, tapi di mata gue Pemerintah gak salah 100%...
tapi Pemerintahlah yang harus bertanggung jawab atas ini semua....
keterlambatan distribusi Soal ke 11 provinsi ini berimbas besar banget...
imbas terbesarnya adalah Kebocoran Soal UN.... UN di sini udah kelar,,disana belum mulai.... tinggal SMS aja jawabannya...kelar....
ketra LJK juga parah... sensitif banget....
Selembar kertas keramat ini sangat menentukan kelulusan seorang siswa....ruasak dikit aja bisa-bisa gak lulus... Dan Naasnya gue mengalami hal ini...
di Soal Matematika nomer 8 kalo gak salah... kertas LJK gue hampir bolong....


kawan sekelasnya Dzhame malah berniat Demo make selembar kertas Buram ukuran A4 yang biasanya dikasih pas Ujian Math buat coret-coretan...dan yang lebih parahnya lagi,,, dia Demo "Sendirian".....
 krik...krik...krik... banget..... yah..inilah Effect UN... Emosi sesaat....

Banyak Pihak berpendapat UN kali ini GAGAL.....
bahkan gak sedikit Wacana yang bilang kalo "Semua Siswa" akan di Lulusin.....
sampe di twitter gue liat ada yang Tweet kaya gini...
"Dialog Suatu Hari Di Masa Depan.... A : kamu dulu SMA lulusan Tahun Berapa...? | B : "tahun 2013 nih... | A : "oh..yang UN nya gagal dan rusuh itu ya...?"

Banyak yang nge-Judge Pemerintah yang salah.... tapi bagi gue Pemerintah gak salah,,tapi Pemerintah lah yang harus Bertanggung Jawab....
Segala sesuatu ada Positive - Negative nya...
 tergantung Implementasi dari setiap lapisan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan ini....

Okay gue paham tahun ini "Generasi" gue jadi kelinci percobaan buat rencana Pemerintah dibidang Pendidikan yang menerapkan 20 Paket soal dan Bercode... di setiap ruangan di sekolah gue ada 21 paket untuk 20 siswa... 1 paket buat paket cadangan.... bahkan di TV gue liat katanya 30 paket....
whatever..... Jujur gue gak masalah mau berapapun Paket Soalnya....
bahkan kalo bisa 350 paket...biar 1 Siswa 1 Paket di tiap sekolahnya....

memang harus ada suatu tolak ukur buat kelulusan seorang siswa....
Tolak ukur yang nyata.... bukan yang karena dia Ganteng dia Lulus,,atau karena dia kaya dia lulus....
 kalo menurut gue,,, Tolak ukur seorang Siswa untuk lulus adalah ketika dia Bisa dilepas di kehidupan bermasyarakat secara luas.... Gak perlu terlalu Pinter,,,tapi cukup jangan terlalu Bodoh aja....
kalo kata orang jawa sih jangan Bebel aja....
dia gak tau Rumus Limit,,Trigonometri,,Itegral,,Penemu Mesin cuci,,berapa jumlah Bintang di langit,,,kapan Cherrybell bubar,,,Ulang tahun Pak SBY dan lain-lain gak masalah....
yang dia tau 5x5 = 25 ... 1+1x0+1 = 2... Semboyan negara Bhineka tunggal ika... Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.... Maling itu Dosa... Bisa baca... dan lain-lain.....
dan yang paling penting,, Moralnya.... Jujur,,Disiplin,,,dan Bertanggung Jawab....

sampe sekarang gue masih binggung tujuan pemerintah ngadain UN selain sebagai Tolak Ukur kelulusan....
Pemerintah ngadain UN 20 Paket berCode tahun ini udah jelas,,, Pemerintah ingin Siswanya Jujur dalam melaksanakan UN.... if it's the biggest reason that our goverment want,,, that is one the biggest point make it isn't running well,,make it Failed....
gue setuju dengan status kawan sekolah gue di FB,, Muhammad Adib Noval....
"kalo pemerintah ingin UN yang Jujur,,, Biarkan kami lulus dengan nilai apa adanya...bukan malah mempersulit dengan Passing Grade yang tinggi...."
*tepuk tangan..... gue setuju...sangat setuju....

Passing grade lah point yang paling bertanggung jawab atas semua permasalahan ini....
Kenapa ada siswa yang tertekan karena UN...? Karena Passing Grade tinggi....
Kenapa ada siswa yang curang saat pelaksanaan UN...? Karena Passing Grade tinggi....
Kenapa ada sekolah yang curang saat pelaksaan UN...? Karena Passing Grade tinggi....
 gue inget kata mba gue dari 6 tahun yang lalu saat dia selesai Ujian Nasional...
dia bilang "Semakin Tinggi Passing Grade untuk Lulus,,semakin tinggi pula kecurangan yang akan terjadi..."
dulu gue masih terlalu kecil untuk mengerti semua itu,,, tapi sekarang gue udah mengerti....

seperti yang gue bilang sebelumnya,,, ada 2 ciri manusia dari sudut pandang pemikirannya,,,
Pesimis dan Optimis....
Siswa yang Pesimis dengan UN hanya menargetkan 1 hal.... "YANG PENTING LULUS...."
sedangkan Siswa yang Optimis dengan UN menargetkan "Mendapatkan Nilai Besar....."....
Sedangkan dari pihak Sekolah sendiri pasti menargetkan hal yang sama dengan Mayoritas siswa mereka...
Banyak sekolah yang Pesimis dengan kemampuan siswanya,,sehingga mereka turut andil dalam membantu ke-Curangan yang dilakukan oleh para siswa....
gak jarang,,, kalo sekolah lah yang mensuplai bocoran atau kunci jawaban untuk para siswanya....
 kenapa sekolah kaya gitu...? Simply,, karena "POPULARITAS"....
kalo siswanya Lulus 100%,,maka POPULARITAS sekolah itu akan naik...
gak hayal,,sekolah melakukan apapun demi "NAMA BAIK"......

 okay terakhir....
UN harus terus berjalan setiap tahunnya.... Siklus seperti ini gak boleh berhenti buat para remaja (SMP dan SMA) di Indonesia..... secara gak sadar UN memberikan banyak banget dampak positive nya terutama dibidang Moral.... siswa-siswi lebih sering mendekatkan diri kepada Allah,,, Intensitas belajar mereka di tingkatkan walau cuma sedikit,,, mereka lebih disiplin,, lebih hati-hati dalam melakukan apapun,,, lebih mejaga kesehatan,,, dan yang gak kalah penting mereka punya Reason untuk mutusin pacar....

saran gue untuk Pemerintah dalam pelaksanaan UN kedepanya....
 yang paling penting.... Soal Passing Grade....
memang gak Mungkin Passing Grade dihapus.... kalo Passing Grade dihapus gak akan bisa nentuin siswa A Lulus apa gak... UN kacau itu saat Semua SISWA se-INDONESIA LULUS 100%....
Perkecil Passing Grade.... itu yang penting....
untuk Passing Grade bisa di ambil dari keseluruhan nilai siswa,,bukan rata-rata apa lagi ada nilai minimal....
Actually setiap siswa punya kelemahan dan kelebihannya dalma belajar....
contohnya kawan gue,, Kadek... Bahasa Inggrisnya kuat tapi Math nya drop...
untuk memicu ke Kreatifan siswa dengan cara mengembangkan bakatnya....
bukan memaksa dia belajar yang gak dia suka....

kemudian Biarkan siswa lulus dengan Jujur....
karena pemerintah ingin siswa yang lulus secara jujur kan...?
biarkan UN dengan paket yang banyak.....tapi dengan Passing Grade yang kecil....
gini....
Nilai di Ijasah itu di pake sampe kapanpun...buat lamar kerja atau kuliah....
Siswa yang main-main dengan UN berarti dia gak memaksimalkan kerja kerasnya selama 3 tahun....
Pemerintah memutuskan Passing Grade yang tinggi buat para siswa supaya para siswa di pandang di masyarakat kan...? itu menurut sudut pandang Pemerintah...
but,,,in the Realita..... Biarkan Masyarakat sendiri yang menilai....

Siswa yang Optimis,,,Ingin Nilai besar dia kana berusaha keras....
sedangkan...
Siswa yang Pesimis,,dan Hanya ingin Lulus.... ya biarin aja dia lulus.... biar masyarakat luar yang menilai dirinya kelak.... dengan begitu,, baik Siswa,,Orang tua,,dan Sekolah gak akan ambil pusing apa lagi curang soal UN.... Prestasi siswa dan kemampuan siswa benar-benar di Uji....


Semoga UN di tahun-tahun yang akan datang menjadi lebih baik....
Semoga Semua orang yang "OPTIMIS" UN tahun ini dapat Lulus....
Semoga Semua orang yang "PESIMIS" UN dapat sadar....
dan semoga Gue dan siapapun yang baca article ini bisa LULUS....
Amin ya Allah.....

Keep Calm... Have Fun...and Stay Cool....
*Some Picture from Meme Comic Indonesia
Thanks.... ^^

4 komentar:

  1. hahaha ngakak gue liat postingan lo,tapi keren,semoga lulus UN aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin... :)
      thanks tante... :)
      baca postingan gue yang lain juga geh... :P

      Hapus
  2. Keren keren... Jadi banyak kenangan ya :D

    BalasHapus