Senin, 19 Maret 2012

Sepatu




Udah lama gue gak cerita hal Absurd gue sehari-hari... selama seminggu ini mungkin menjadi 7 hari kelam dan absurd dalam kehidupan gue... 

Beberapa hari yang lalu gue berencana beli sepatu... bukan karena sepatu lama gue rusak atau gue mau gaya... tapi karena sepatu yang setiap hari gue pake sekolah itu bau-nya udah gak bisa diselamatkan lagi... setiap pagi gue harus ngetok-ngetok tu sepatu karena setiap hari ada aja kecoa bego yang mati karena masuk ke sepatu gue... Gue sayang sama sepatu ini karena ini pemberian dari ibu gue... tapi gue terlalu males buat nyuci sepatu... jadi dengan bijak gue putuskan untuk membeli sepatu baru.... sungguh-alasan-yang-gak-maksud-akal....



gue tipikal orang yang bangga kalo bisa mandiri... berhubung beberapa hari yang lalu gue menang lomba,, jadi gue punya duit sendiri buat beli sepatu... 1 hal yang paling penting,, gue belajar gimanan susahnya CARI DUIT dan gimana mudahnya BUANG DUIT....

bukan hanya males nyuci sepatu,,, bahkan pergi ke toko sepatu aja gue males... karena males pergi,, gue mencoba nawar untuk beli sepatu kawan gue... dikelas dia terkenal sebagai orang Perantauan dari Way kanan,, asli orang Lampung dengan logat ngomong kentel banget Lampung nya,, pemilik lahan ganja di kampungnya dan Pengoleksi barang-barang curian... bahkan tali BH Pocong perawan aja dia colong....


gue berniat beli sepatu sama dia... ya paling gak bisa jauh lebih murah dibanding gue beli baru... tapi resikonya gue kena karma,, baru sehari gue pake udah di colong orang lagi...
sebut aja nama dia CIPUNG...

“sepatu loe gue beli pung...” kata gue nawarin diri
“berani berapa...? loe open harga aja...” kata dia ngotak (Logat Lampung-nya medok)
“Goceng (Rp.5.000)....” kata gue sewot
“yaudah sini sama gigi loe dua...” kata dia make urat (Logat Lampung-nya medok)
“ya katanya gue yang open.... yudah loe maunya berapa...?” kata gue Stay Cool
“ ya kira-kira juga kali.... 150 gua lepas...” kata dia Unconsistend (Logat Lampung-nya medok)
“100...” gue nawar
“140...” dia ngajak nego
“100...” gue tetep consistend pada pendirian gue
“130...” dia nurunin harga kaya tukang sepatu dipasar loak
“100...” gue tetep Stay Cool
“yudah 100.. tapi gigi loe siniin 2...” dia nantangin
“loe homo pengoleksi Gigi ya...? gak mau 100 yudah...” jawab gue mulai males
“pebri aja nawar 110 gak gua kasih loe minta 100...” kata dia makin kaya tukang service tali Beha keliling
“yudah loe jual ke dia aja...” gue pergi dan mengakhiri pembicaraan dengan cipung karena gak kuat dengan logatnya yang menyemburkan air liur kemana-mana kaya Komodo kena AIDS...


 Sepulang sekolah,, gue mampir dulu ke EC... gue ngeliat Trafalgar si Sempak Lepis make sepatu AirWalk...  Gue pikir dia tau tempat yang bagus buat nyari sepatu,, akhirnya gue mutusin ngajak dia untuk nemenin gue beli sepatu... dan bodohnya gue yang tertipu oleh muka polos Trafalgar yang tertutupi oleh Sempak Lepis itu... saat udah berangkat dia dengan polos dan muka sok imut kaya bayi babi yang malu punya orang tua babi dia bilang “gua gak tau ini sepatu beli dimana... soalnya kakak gue yang beliin...”

Penget banget rasanya bawa ini anak ke lantai 3 terus lempar keluar biar masuk tipi....
Karena udah terlanjur,,, akhirnya gue jalan-jalan aja di pasar yang aneh ini....
Gue berniat melakukan survei moral para pedagang gaul bermuka Homo yang ada disini...
Pedagang disini asli homo...  gue Cuma lewat depan ruko-nya aja udah di pegang-pegang sambil bilang “masuk aja dulu... dicoba dulu....” kata para penjual bermuka homo ini....
Kata-kata itu membuat gue takut.... hal yang paling gue takutkan adalah ketika gue udah masuk di ruko itu,, terus pedagang homo itu tiba-tiba bekep gue dengan sempaknya,, terus gue dibawa ke suatau tempat yang gak ada di peta,,, dan akhirnya gue dijadikan bahan Experiment kegiatan Homo mereka....

Sebelum semua itu benar-benar terjadi,, gue memilih untuk tidak masuk ke 1 pun ruko disana....
Gak Cuma di ruko-ruko ini aja,, di ramayana juga sama aja.... bikin pengen bolak-balik naik eskalator...
gue dan Trafalgar coba masuk ke Ramayana,,, baru nginjekin kaki di pintu masuk,,, satpam-nya dengan muka sangar ala Homo profesional langsung negor gue dan bilang “anak sekolah ya...? gak boleh masuk...”
karena malu dan sakit hati gue langsung sewot dan bilang “gak kok.. Cuma pengen naik eskalator-nya aja..” .... dan gue pun turun lagi dan pulang....


Diperjalanan pulang,, gue melewati sebuah warung sepatu... gue berhenti didepan warung sepatu itu sebentar sekedar ngeliat sebuah sepatu dari luar,, kemudian gue jalan lagi....
tiba-tiba penjualnya ngomong
“bagus loch dek sepatu ini... 90rb aja...” kata dia sambil nyodorin sepatu yang sekilas gue liatain....
gue Cuma senyum dan kemudian lanjut jalan....
“65rb deh dek...”
“hah...” kata gue sambil tetep jalan....
“yudah 55 aja dek...”
gue gak menghiraukan si penjual sepatu aneh itu dan tetep jalan... mencari angkot tercepat untuk membawa gue keluar dari tempat menyebalkan ini...

Diperjalanan pulang gue ngerasa masih ada yang janggal dalam pikiran gue... gue ngerasa berdosa karena nyuekin pedagang sepatu tadi... tapi gue lebih penasaan lagi kenapa dia sampe berani nurunin harga jauh gitu padahal gue gak nawar dan gak ada niat untuk beli sama sekali...
Jadi gue memutuskan untuk memfonis sendiri,, kalo sepat ini kualitasnya (KW) jauh dari standar...
mungkin KW-2jt...
atau mungkin ini sepatu untuk anjing yang didisain menyerupai sepatu untuk manusia galau...?
atau ini sebenarnya sepatu untuk manusia galau nimpuk anjing....?


Ke-esokan harinya gue membuat janji dengan temen sekelas gue yang dikenal sok gaul dan sok tau tentang tempat-tempat untuk hal yang beginian...
memang meragukan,,, tapi lebih bisa diandalkan dari pada Trafalgar idiot itu...
Sepulang sekolah gue dan Agung (raja Homo Jerawatan dikelas gue) langsung berangkat ke SS untuk nyari sepatu.... sepatu disini bagus-bagus... harganya juga bagus... sampe babap-bapak bilang
“sepatu sekolah aja sampe ½ juta...  ½ juta kalo dibeliin sempak semua bisa pesta sempak 7 turunan....”
yah,, berhubung duit gue juga gak banyak-banyak amat... gue milih sepatu dengan mengutamakan “HARGA” nya terlebih dahulu... dan akhirnya gue mendapatkan sepatu sesuai apa yang gue inginkan...
walau sebenernya gue binggung... ngajak Agung ini ternyata gak seenak yang gue duga...
harga sepatu sama biaya neraktir dia karena mau gue repotin ternyata lebih mahal neraktir dia...
yah walau dia Cuma gue teraktir “Frestea sensasi Dingin” ...
tapi tetep aja,, pengen rasanya gue bekep muka Agung make Beha Bajang...

Sesampainya di rumah gue langsung cuci ulang sepatu yang baru gue selamatkan dari SS... tapi saat nyuci gue ngerasa amat sangat bodoh.... tujuan gue beli sepatu kan karena gue males nyuci “Sepatu Pemakaman Kecoa” lama gue.... tapi kenapa gue sekarang malah nyuci sepatu....?
karena sadar akan kebodohan ini,, gue langsung membuang sepatu ini ke tempat sampah terdekat...

Keesokan harinya gue sengaja berangkat sekolah naek “Bis Rapid Transit” yang baru beberapa minggu ini direkomendasikan oleh pemerintah daerah.... bis berwarna hijau ini di lengkapi oleh gambar 2 orang (laki-perempuan) yang mengenakan pakaina adat Lampung... tapi gambar itu seolah gak asing di mata gue,,, gue rasa itu gambar “Pak Herman” (walikota Lampung) deh.... sungguh Bis yang mencintai Walikotanya sendiri... lambang kecintaan rakya kepada pemimpinnya....

Sistem pembayaran bis ini cukup membantu keuangan gue sebenarnya... jadi kita cukup bayar 1 kali untuk 1 tujuan... setiap hari gue berangkat sekolah 2 kali naek angkot... 1 kali naek angkot bayar 2rb... tapi bis ini 1 kali tujuan bayar 2.500...
Jujur kali ini pertama kali gue naek Bis ini... saat di tagih untuk bayar karcis sama mba-mba yang udah tersedia di Bis ini gue gemeteran... GUE GAK TAU HARUS BAYAR BERAPA.... sungguh noraknya hidup gue di Bis ini... karena gue dari Korpri dan tujuan gue Unila,, jadi di karcis gue di tulis
“TRANSIT UNILA... 8/3.. 07.20... TTD : Rafiah”

Karena gue dusun gue iya-iya aja... selama di perjalanan gue terus gemeteran... gue takut kedusunan gue memuncak yang mengakibatkan gue kelabasan dan nyasar... gue jarang jalan-jalan keliling kota ini,,, jadi wajar kalo gue gak tau persis seluk beluk kota ini... bahkan di Korpri,, daerah tempat tinggal gue sendiri gue masih nyasar... sungguh cupu sekali diri ini...
 
Gue binggung gimana caranya ngeberentiin bis ini... kalo di angkot gampang aja tinggal bilang “Kiri...” ...
lah kalo di Bis ini...? loe bilang “bang kiri ya...” supirnya malah ngasih jari tengah dari tangan Kirinya dan bilang “mau ngupil make ini...?” .... gue bener-bener panik... gue takut gak bisa turun....
Tapi akhirnya gue terselamatkan... tiba-tiba datang malaikat Gendut yang juga naek di Bis sialan ini.... Mba-mba gendut itu mahasiswi Unila... dalam hati gue : “alhamdullilah yaalloh... gue terselamatkan...”
kehadiran mba-mba gendut ini sangat berarti dalam kehidupan gue pagi ini... kalo gak ada mba ini,, mungkin gue udah nyampe planet yang gue gak tau apa namanya karena sangat jauh nyasarnya...


Setiap gerak-gerik mba ini gue ikutin... saat dia bilang ke petugas Karcis di bis “Mba Unila ya..” ...  gue ikutan bilang “saya juga ya mba...” ...
dia bilang “Mba ada pembalut gak...? minta sih...” gue juga ikutan “saya juga minta sih mba...” ...

Akhirnya si malaikat Gendut itu turun... gue juga ikutan turun... dia nungguin bis transit lainya yang menuju Unila... gue juga ikutan nunggu... semua angkot yang lewat di tolak dia... gue juga ikutan nolak... 5 menit nunggu...
10 menit nunggu...
 tapi masih gak ada bis yang lewat...
sampai akhirnya gue liat jam udah jam 07.20... berarti gue udah telat 5 menit... dan berarti gue harus cepet-cepet sebelum pintu gerbang di tutup dan gue dikira hamil sama Ibu gue karena nelpon dia cuma 5 detik untuk bilang “Biung,, aku telat....” .....
Dan akhirnya gue naik angkot...
Damn... hari ini gue Unlucky banget...
angkot baru jalan 10 meter,,, Bis yang dari tadi gue tungguin dateng....
#Hening....

Niat gue biar Hemat malah jadi makin boros....  sejak hari itu gue utuskan untuk gak berangkat sekolah naik bis itu... terlalu beresiko....
Sesampainya di sekolah kaki gue langsung di injek-injek sama kawan-kawan sekelas gue....
Gue gak tau tradisi dari siapa dan dari mana setiap ada yang make sepatu baru orang-orang akan bilang
“sepatu baru... kenalan dong...” sambil nginjek-nginjek....
masih untung kalo Cuma sepatu,,, lah misalnya punya Pacar baru gimna coba...?
“Pacar baru ya...? kenalan dong....”  buk..buuk..buuuk... pacarnya mati di injekin 1 kawanan badak kurapan...
terus lebih parah lagi kalo abis oprasi wajah... operasi wajah sangat diperlukan untuk Spesies bermuka tak terselamatkan kaya Agung yang jerawatnya udah kronis dan tak terhitung lagi jumlahnya.... mungkin jumlah jerawat dia sama kaya jumlah bintang di angkasa....
bayangin coba kalo spesies kaya Agung ini merubah wajahnya dengan Operasi Plastik...
“Wajah baru ya...? Kenalan dong....” buk..buuuk..buuuk...awwww...aaa...awwwww.... grebuk... buuk...
wajah Agung akan terbebas dari sekawanan Jerawan Kronis tapi berubah jadi karya seni Abstrak...
“Wajah Abstrak...”

keren...................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar